Saturday, April 5, 2014

Tentang Ilustrasi dan Kaver Buku

aplikasi photoshop adalah satu-satunya aplikasi yang menarik perhatianku saat kuliah. aku belajar otodidak, sempat membeli beberapa judul buku tutorial yang akhirnya kusimpulkan itu hanya jualan tips dan sama sekali tidak membahas teori konsep). menurutku konsep dasar/ teori desain sangat penting karena selalu ada cara atau trik untuk membuat suatu kreasi dengan photoshop, tergantung penggunanya. namun, aku nggak membahas tentang itu. hanya sebagai pembuka.

dan postingan kali ini adalah tentang kaver buku yang kubuat untuk dua temanku. aku tak pernah tahu kalau aku begitu senang dengan hasilnya, puas karena berhasil. dan lagi, ini menghasilkan rupiah. awalnya, aku pesimis ketika diminta oleh sahabatku yang bernama Rina, dari Malang, untuk membuatkan kaver buku novel keroyokannya. judulnya Keping Hati. aku nggak yakin karena belum pernah membuatnya. namun aku sanggupi dengan syarat hanya membuatkan ilustrasinya saja. lalu, ia mengirimkan draft Keping Hati, untuk kubaca lalu kuimajinasikan ilustrasinya. namun, akhirnya aku juga menambahkan teks judul, nama penulis, dan juga bagian belakang buku. hasilnya bisa dilihat di bawah ini.


Novel Keping Hati

berikutnya adalah seorang teman yang penyair dan penulis buku. kali ini kumcer dengan judul secangkir kopi pahit tuhan. aslinya, tahun 2013 lalu, aku diminta penulisnya, Nana Sastrawan, untuk membuatkan semua ilustrasi cerpen-cerpen dalam buku ini. hanya saja, aku tidak bisa karena terkendala alat. tahun berlalu dan akhirnya kumcer ini siap terbit (setahuku tanpa ilustrasi). penulisnya kontak lagi, dan meminta aku membuatkan ilustrasi kavernya saja. merasa tak enak karena ilustrasi cerpennya sendiri gagal kupenuhi, aku menyanggupi membuat kavernya saja. berdasarkan ide dari cerpen yang menjadi judul kumcer ini, aku membuatkan sebuah ilustrasi dengan teknik yang hampir serupa dengan Keping Hati. hasilnya seperti berikut.

Kumcer Secangkir Kopi Pahit Tuhan
senang rasanya karena berhasil memenuhi permintaan kedua temanku itu. sesungguhnya aku bermasalah dengan tenggat waktu. itu juga yang mungkin membuatku tidak berkonsentrasi mencari pekerjaan di kantor atau apalah. 

sejak kecil aku suka melukis dan ketika kuliah aku mengenal aplikasi photoshop. banyak gambar-gambar yang kuhasilkan, meski tak pernah kujual. kaver buku, kini bisa jadi kasus yang berbeda. ini bisa jadi pekerjaan yang menghasilkan rupiah. semoga dengan dua kaver ini, aku bisa mendapatkan tawaran berikutnya. kalau ada yang tertarik pada hasil karyaku, silahkan kontak ke twitter atau facebook. ya, bagi-bagi rejeki begitu. ehehehehe. lumayan buat bayar kost :D harapanku, semoga kedua buku tersebut laris manis di pasaran, biar jadi berkah buat siapa saja. semoga para penulisnya puas dengan hasil yang kubuat dan mempertimbangkan jasaku untuk buku-buku mereka berikutnya. amin. []


Yogya
06.050414.04.41

2 comments: