Friday, March 14, 2014

Pengertian dan Penggunaan Kata Kalakupand

: bukan bacaan serius, sebelumnya diposting sebagai status facebook.



Kata kalakupand udah ditanya beberapa orang artinya apaan, di facebook dan twitter, tempat aku menggunakan kata itu dalam obrolan. Lucu juga sih karena itu sama sekali nggak penting, tapi malah ditanya. Ahak hak hak. Dan jawabannya adalah sebagaimana bisa kujelaskan berikut. Note: ini becandaan.

Kalakupand merupakan kata yang mengekspresikan suatu kesan sebelum atau sesudah kata tersebut digunakan. Ahak hak hak. Ini bohongan ya. Maksudnya, kalakupand itu bergantung dengan kalimat sebelum atau setelahnya (ini jelas hanya pengulangan kalimat sebelumnya, biar posting ini lebih ngawur). Tapi biar lebih mudah dipahami, di bagian akhir akan aku tunjukkan cara menggunakan kata kalakupand dalam pembicaraan sehari-hari (tapi jangan buru-buru scroll, baca dulu runut biar oke. ahak hak hak). Nahm ini ide iseng-gila aja karena aku suka pada bunyi kata itu sendiri. 

Jadi ceritanya... (pelan-pelan layar menjadi blur fade out to white) kalakupand itu penggalan dari lirik lagu yang terkenal berjudul Kopi Dangdut. Kala kupandang kerlip bintang nun jauh di sana, kala kudengar melodi cinta yang menggema... Kira-kira begitu liriknya. Tau kan lagunya? Pasti taulah. Itu lagu populer banget. Tapi kalau belum tau dan penasaran, googling deh. Lagu itu populer dulu, trus suatu kali di acara TV, dibawain sama satu band yang vokalisnya ada tiga: lagi nontonin itu sambil makan bareng pacar di burjo. Trus, keingetan aja karena kreasi band tsb. Vokalisnya ngecek sound (buat becanda): "kalakupan, cek cek... kalakupan... cek... eaa... lagi. kalakupan... kalakupan..." diiringi musik yang ikut berhenti pas vokalisnya berhenti mengucapkan kalakupand. Begitu terus sampe dicepetin dan jadi kayak musik reggae. Koplak dah itu band. Ahak hak hak. Trus, iseng-iseng deh nyebutin kalakupand << ditulis pake 'd' biar keren XD

Penggunaannya semacam menjelaskan atau menegaskan apa yang nggak perlu dipertegas aja, atau malah nggak nyambung, biar ada aja, bisa dibilang sebagai ekspresi belaka #halah. cekidot: 1) Ih! Tulisanmu epic banget! Kalakupand gitu narasinya. 2) Asem banget tuh orang! Dikira tanah bapaknya ya sosmed ini? Pake ngatur-ngatur orang musti ngomong apa, moral, dan sebagainya. Kalakupand!!! dan 3) Besok mau jalan bareng pacar. Semoga jadi hari yg kalakupand! Yeaah! Nah, dari 3 sontoh tsb =)) kalakupand beda-beda artinya. Satu bisa dianggap lagi bilang bagus, keren, mantabs, owsom, dsb. Lalu yang kedua itu berarti mengumpat; bisa brengsek, asem, edan, anjrit, fuck, dsb. Dan yang ketiga itu lagi hepi, kayak bilang "menyenangkan". Jadi, kalakupand menyesuaikan pada konteks gitu. Relatif. Ia akan dimengerti kalau kita membaca kalimat (kata) sebelum atau sesudahnya. Suasana. Kesan. 

Demikian untuk "kalakupand". Asli, itu iseng doang. Nggak usah ditanggepin serius artinya apaan. Udah jelas kok. Ahak hak hak. Namanya juga nggak ada kerjaan gitu lho. Dan sesungguhnya posting ini juga jadi kalakupand karena pake ngejelasin segala kalakupand itu apaan. Hidup kalakupand! Ahak hak hak



Yogyakarta,
dikemas sedemikian rupa untuk tujuan pemuatan di blog =))

4 comments:

  1. Always kalakupand -_-"

    ReplyDelete
  2. ngegantiin "sesuatu"-nya syahrini ya.
    kalau yang satu bilang, "sesuatu banget," yang ini "kalakupand banget."
    kkkkk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh? ada mbaknya ya? ahak hak hak.
      cuman iseng kok. nggak ada niatan menggantikan slang lain.
      ahahahahahaha. btw, cek imel, mbaknya :p

      Delete