Monday, July 26, 2010

Chris Othersides : Favorite Tools


Salam :)

Setelah berkenalan di postingan pertama Prakata, saia coba posting tentang tools alias aplikasi komputer yang saia gunakan setiap membuat musik untuk lagu-lagu saia.

Ada tiga, dan mereka adalah :

1. FRUITY LOOPS (FL)

Mungkin teman-teman udah pernah denger sama software yang satu ini. Aplikasi hebat untuk membuat musik digital. Saia telah menggunakannya lebih dari dua tahun. Dan semua musik dari lagu-lagu yang saia ciptakan menggunakan aplikasi ini. Saia mendownloadnya dari internet, setelah searching di banyak forum.

Ukurannya sekitar 100Mb. Itu yang versi 8.0. Setelah itu saia menggunakan versi 9.0 yang saia dapatkan dari salah satu temen saia bernama Jeffry. Doi adalah mahasiswa di Unimed yg saia ajarin menggunakan FL Studio.

Saia kurang bisa menjelaskan bagaimana isi dari FL ini. Lagian kan saia bukan ngebahas FL secara terperinci. Ahak hak hak. Yg pasti, FL powerfull buat membuat musik. Kesulitan terbesar saia mungkin pada naturalisasi (bukan dalam istilah tata negara) musik digital. Soalna, saia gak dapat sound gitar sebenarnya. Hasil keluarannya terlalu "digital" buat telinga saia.


2. JET AUDIO (JA)

Nah, yang kedua adalah aplikasi buat recording atau merekam vocal. Pada dasarnya, FL sudah dilengkapi fitur yang sangat ampuh untuk urusan take vocal. Tapi, karena saia mengenal JA lebih dulu, maka saia lebih nyaman dengan software audio ringan ini.
Saia selalu menggunakannya untuk merekam vocal, ataupun lagu-lagu yang baru diciptain. Dengan kata lain, saia nggak menulis lagu dalam not :)

Jujur, saia nggak bisa nulis not balok. Ahak hak hak.
JA punya hasil keluaran .WAV yang denger-denger bagus buat jadi file dasar audio. Nantinya file .WAV ini akan saia mixing dengan file keluaran dari FL yang sudah berbentuk .MP3.

Cukup ringan, dan saia jugak mendapatkannya dengan cara "nyuri" dari CD bajakan punya teman. Itu dulu, setelah filenya hilang, saia coba download dari internet. Tapi, lupa dimana situsnya. Ahak hak hak.

3. SOUND FORGE (SF)

Aplikasi keluaran Sony ini saia gunakan sebagai mixer. Tapi bukan untuk ibuk-ibuk memasak itu lho. Yap! SF-lah yang menggabungkan musik dari FL dan vocal dari JA. Prosesnya manual, karena saia harus menerka timing kapan vocal dimulai dalam lagu. Itu cukup merepotkan. Meskipun demikian, cara inilah yang paling nyaman buat saia untuk saat ini.
Tapi, saia jugak pernah menggunakan aplikasi yang lebih baik, sepertinya, dari SF untuk urusan mixing. Saia lupa namanya, sudah 4 tahun berlalu.

Aplikasi itu juga keluaran Sony, lagi-lagi kalau nggak salah. SF punya fitur yang lumayan baik untuk memanipulasi vocal. Maksud saia dalam hal ini adalah optimasi.


Bagi yang berminat menggunakan, cukup download dari internet. Biasanya file exe itu dilengkapi dengan cracknya. Kalau nggak, ya, cuman bisa dipakek 30 hari, dan fiturnya banyak yang dikunci :D Nah! Ketiga aplikasi itulah yang membuat semua musik untuk lagu-lagu saia.

Beberapa orang (pendengar pemula) mungkin merasa lagu saia diaransemen dengan alat musik asli. Tapi, tidak. Kalaupun ada tambahan dari instrumen asli, itu hanya suara gitar akustik yang saia paksa direkam dengan mic. Hasilnya tidak terlalu bagus. Tetapi cukup membuat musik lebih natural :D

3 comments:

  1. Anonymous26 July, 2010

    sep bg...
    tq infonya bermanfaat bgt.. :D


    Andreas P

    ReplyDelete
  2. hehehe :)

    makasiy dah mampir, Andre

    thanks

    ReplyDelete
  3. selamat sore, seneng bisa tahu software in, cuma gimana cara bisa dapat ya

    ReplyDelete