Saturday, February 26, 2011

Tentang Album Chris Othersides Bila Malam Datang (BMD)

: yang pertama




Pertengahan tahun 2010, seorang sahabat maya mengajakku membuat album indie. Beliau adalah seorang bapak yang juga seorang member di situs menulis kemudian.com. Awal-awal kami berkenalan adalah karena menyukai tulisan komedi. Hingga akhirnya perkenalan lebih lanjut, kami sama dalam hal musik, punya cita-cita dalam musik, menggemari band asal Yogya : Sheila on 7, dan ingin menulis novel Fantasi. ( Amian Zanggol sebagai kolaborasi, Nalan sebagai proyek pribadi beliau dan Daneldram milikku). Om Amri, begitu aku memanggilnya. Hingga saat ini, doi malah menjadi manajerku : Chris Othersides.

Itupun, tentu karena dia memilih pindah ke Medan, yang sebelumnya ia beserta keluarga sudah beberapa tahun menetap di Aceh. Aku kurang tahu pasti di kota mana. Lhok atau di Sigli, gak jelas. Ahak hak hak. Jadi, beliau akhirnya kembali ke Medan yang merupakan kampung halamannya. Yap! Om Amri besar di kota yang kutinggali semasa kuliah ini. Dan kami pun, lebih tepatnya beliau, merencanakan dengan matang proses pengerjaan album pertamaku ini : Bila Malam Datang.

Jadi, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih dari sekian banyak laguku yang tersebar di internet (facebook). Siapa yang memilih? Nah, kebetulan beberapa temanku adalah pendengar setia lagu-laguku. Atau mereka yang antusias dengan cita-citaku dalam bermusik. Lalu, Om Amri mengusulkan agar mereka saja yang memilih 10 lagu yang paling mereka suka. Tapi sebagai awal, Om Amri memilih 15 lagu yang akan dipilih oleh mereka. Lagu yang kira-kira sudah layak dengar, dari segi lirik dan musiknya. Atau katakanlah kualitas hasil rekaman. Padahal, kalau diteliti lagi saat ini, sepertinya itu terlalu berlebihan. Hehehe. 

Jadi, Kelima Belas lagi Chris Othersides itu adalah, sbb :

  • Aku Bisa Setia
  • Berbagi Mimpi
  • Bimbang 
  • Yakin Sabar Sampai
  • Bila Malam Datang
  • Perhentian Terakhir
  • Tak Tepat
  • Saat Jauh
  • Dua Hari Setelahnya
  • Tetap Istimewa
  • Mendung
  • Terhebat Untukmu
  • Lelah Menanti
  • Sebentar Saja
  • Sangat Berarti

Voting dilakukan secara tertutup :D Maksudnya dikirim sebagai Private Message Massal di facebook. Ahak hak hak. Jadi, para sahabat itu; ada Ran, Ken dan Intan yang jadi adik angkatku di Selong-Lombok, Evan saudara sepupuku, Mbak Minie, Mbak Anita, Nona, Rina, Kak Pindut, Sammy, Ibuk Gurukuw Maria Laksmi, Keshia, Pras, Om Theo, OmDe dan tentu Om Amri jugak. Masing-masing memberikan pilihan mereka dari kelima belas lagu itu. Dan hasilnya adalah (jreng jreng) ahak hak hak :

  1. Mendung
  2. Aku Bisa Setia
  3. Bila Malam Datang
  4. Saat Jauh
  5. Yakin, Sabar, Sampai
  6. Perhentian Terakhir
  7. Tak Tepat
  8. Terhebat Untukmu
  9. Bimbang
  10. Tetap Istimewa

Jadi, urutannya adalah seperti itu. Lagu Mendung dipilih lebih banyak. Hehehe. Meskipun sesungguhnya, kualitas rekaman Mendung masih belum cukup baik, menurutku. Jadilah ia paling atas dalam album BMD. Judulnya sengaja dipilih Bila Malam Datang. Dan dalam album ini, dua lagu, Saat Jauh dan Yakin Sabar Sampai merupakan lagu ciptaan Om Amri.

Lalu album tersebut segera diwujudnyatakan ke dalam CD yang dibalut cover khusus. Hehehe. Aku mengerjakan covernya, dan semua biaya tersebut ditanggung oleh Om Amri. Ia bisa diandalkan sampai saat itu. Tapi sekarang beliau sangat sibuk, hingga aku berpikir sudah dilupakan. Ahak hak hak. Tak mengapa. Semua pasti baik-baik saja. Hehehe.

Maka, album tersebut dikirim ke salah satu stasiun radio di Medan. Star FM. Yang diputerin sampai saat ini adalah Bila Malam Datang dan Perhentian Terakhir. Dan karena itu juga Chris Othersides sempat diundang untuk tampil live dalam program Akustar Special - Live Akustik bersama Star FM. Perjalananku disana sudah kutuliskan dalam tulisan terpisah. Disini.

Nah, itu saja sebagai informasi album pertamaku : Chris Othersides Bila Malam Datang. Sayangnya, album ini tidak diproduksi banyak-banyak. Hanya beberapa copy dan diedarkan kepada orang-orang yang liwat. Hehehe. Hingga akhirnya aku membuat album keduaku di awal 2011 ini.
Tapi, semuanya adalah indie. Mungkin, sekiranya Tuhan mengizinkan album perdanaku diinaungi label musik pro, bisa saja berbeda dari BMD ataupun Untuk Sahabat. Tapi tetap saja itu adalah wujud cita-citaku, Berbagi Mimpi, kepada semua penikmat musik dimana saja. 


Salam 



- C.O. -





No comments:

Post a Comment